Atribut PMR dan kelengkapannya itu apa saja, berikut ulasan lengkapnya


Baru bergabung menjadi anggota PMR, atau Pembina PMR yang baru ditunjuk kepala Sekolah pastinya harus tahu apa saja atribut PMR serta kelengkapannya, atribut PMR dan kelengkapnnya perlu diketahui untuk kelancaran pelaksanaan eskul PMR di sekolah.

Ketentuan PMR ini seluruh Indonesia sama, karena ketentuannya di keluarkan oleh PMI pusat di Jakarta, kemudian melalui PMI Kabupaten Kota se Indonesia di sosialisaikan ke Unit PMR sekolah. sebagai contoh pedoman pembina PMR juga ada pedomannya, bisa disimak disini Download Buku Panduan Manajemen PMR untuk Pembina PMR

Seringkali terjadi karena belum mendapatkan informasi, membuat modifikasi atribut PMR sendiri diluar ketentuan, salah satu misalnya pada lengan PMR madya dan PMR Wira.

Pada badge tulisan Palang Merah Remaja, mungkin karena madya identik dengan warna biru dan wira identik dengan warna kuning, tulisan Palang Merah remaja latarnya pada wira kuning pada madya biru, padahal kalau sesuai ketentuan tidak ada seperti itu, untuk tulisan pada badge palang merah remaja latarnya berwarna putih tulisannya hitam.

Kembali ke Pertanyaan diatas, Atribut PMR dan kelengkapannya itu apa saja, berikut ulasan lengkapnya

1. Seragam baju, Kaos dan Badge PMR
Seragam atasan berwarna putih, bisa berlengan pendek atau panjang, bawahan berwarna biru dongker, terpasang badge  logo PMI dan tulisan palang merah remaja dilengan, kemudian diatas saku ada logo PMI, lengan sisinya atribut daerah.
Untuk semua tingkatan PMR mula madya dan wira sama. sedangkan untuk Kaos desai menyesuaikan momen kegiatan. misalnya ketika jumbara biasanya diseragamkan oleh Panitia penyelenggara.

2. Slayer PMR
Untuk slayer ini tiap tingkatan PMR mula, madya dan wira memiliki perbedaan warna, tetapi pada bagian ujung belakang semua sama ada logo PMI.

- Slayer PMR Mula Berwarna Hijau
- Slayer PMR Madya Berwarna Biru
- Slayer PMR Wira Berwarna Kuning

3. Topi PMR
Topi PMR berwarna biru dongker bagian depan topi terdapat logo PMI dan bertuliskan Palang Merah Indonesia, sisi samping topi bertuliskan PMR sisi sampingnya lagi menyesuiakan, biasanya bertuliskan nama pemilik topi, atau ada juga Forpis PMI atau Unit PMR Sekolah.

4. Buku Materi PMR
Untuk mengisi kegiatan eskul PMR ada teori dan Praktek, Untuk teori terdapat beberapa Materi diantaranya :

Berikut Materi Lengkap dari PMR Mula Madya dan Wira
1.  Materi Ayo Siaga Mula - Materi PMR Mula
2. Gerakan PMR Mula Madya Wira
3. Ayo Siaga Madya _ Materi PMR Madya
4. Materi Pertolongan Pertama untuk Mula
5. Materi Pertolongan Pertama untuk Madya
6. Materi Pertolongan Pertama untuk Wira
7. Materi Ayo Siaga Untuk Wira
8. Materi Kepemimpinan PMR ( Mula, Madya dan Wira )
9. Materi donor darah (untuk Mula, Madya dan Wira )
10. Buku Saku Pembina PMR
11. Materi Kesehatan Remaja PMR
12. Materi Manajemen PMR
13. Materi Pengurangan Resiko Berbasis Remaja untuk Mula
14. Materi Pengurangan Resiko Berbasis Remaja untuk Madya
15. Materi Pengurangan Resiko Berbasis Remaja untuk Wira
16. Materi Remaja Sehat Peduli Sesama PMR
Materi ini tersedia dalam buku, dalam perkembangan teknologi internet, kini terdapat dalam bentuk ebook file berformat pdf, selengkapnya bisa dicek dan download pada postingan Download Materi Lengkap dari PMR Mula Madya dan Wira

5. Peralatan PMR
Untuk penunjang praktek lapangan kegiatan eskul PMR diperlukan berbagai peralatan diantaranya :
1. Tandu
2. Mitela
3. Bidai
4. Tas PP beserta obat-obatan pertolongan pertama

6. Lain-lain
Sebagai tambahan untuk pelengkap dan juga penunjang seperti diantaranya Rompi PMR, digunakan pada saat praktek di lapangan, Pin Kecakapan, sebagai bagian dari penilaian ketrampilan anggota PMR, jaket PMR ini menyesuaikan untuk antisipasi cuaca pada saat kegiatan suasananya dingin kemudian asesoris lannya gantungan kunci PMI.

Kemudian ada pertanyaan lagi, dimana untuk mendapatkan kelengkapan atribut PMR yang disebutkan diatas ?
Anda bisa datang ke toko-toko yang menyediakan atribut PMR atau Toko Seragam sekolah, jika kesulitan anda bisa mendapatkan dengan belanja online di toko online yang spesial menjual atribut PMR dan kelengkapnnya.

Salah satu referensinya ada di alamat situ www.perlengkapan-pmr.com tersedia lengkap beraneka atribut PMR dan kelengkapannya. toko online perlengkapan PMR ini terpercaya disitusnya cukup transparan dalam memberikan keterangan, seperti history transaksinya juga diupdate bukti resi pengiriman juga diberikan kepada pembeli sebagai wujud membangun reputasi dan memberi rasa nyaman kepada pembeli, kalau pesanannya benar diproses dan sampai ke alamat tujuan pembeli.

Jika anda pengguna media sosial instagram, akun yang jual perlengkapan PMR berikut alamat akunnya di https://www.instagram.com/atribut_pmr/ atau follow @atribut_pmr

Sekian sebelum mengakkiri ulasan ini, tak lupa selaku admin tentunya ada keterbatasan pengetahuan, jadi jika ada salah kata atau informasi yang kurang lengkap, sudi kiranya memberikan saran dan masukan untuk perbaikan postingan ini, melalui kolom komentar dibawah ini.

Demikian semoga bermanfaat.
Dukung blog ini caranya berbelanja online di www.tokofaiz.com klik disini www.tokofaiz.com




Baca Juga

Komentar

Postingan populer dari blog ini

WC Mampet dikasih apa ya ? Cerita Pengalaman Beres dengan Cara ini

Pengalaman Pemula Ternak Kenari bagian penjodohan

7 Kelebihan Usaha Menggunakan Motor Roda Tiga

Ketahui Bahasa Inggris Terkejut dan Cara Menggunakannya