2 Cara Mudah Mempercepat Kinerja HP Android Lemot yang saya lakukan


Tidak tahu informasinya dari mana, saya kok seperti terkenal ahli IT, jika ada printer, laptop, hp saya sering di mintain tolong untuk memperbaiknya, mungkin karena pernah sekali membantu dan berhasil, jadi viral dari mulut ke mulut, padahal saya merasa ilmunya masih dangkal, salah satunya sering ditanya teman dimintain tolong hpnya lemot banget, coba saya buat ulasan saja pada postingan kali ini, harapannya lewat artikel ini membantu permasalahan yang sama yaitu hp android lemot, dengan sharing pengalaman saya sendiri apa yang saya lakukan handphone yang tadinya lemot menjadi cepat kembali dan aktivitas menggunakan hp android pun jadi nyaman.

Faktor yang berpengaruh membuat hp android berkinerja cepat
Sebelum saya menjelaskan caranya, coba memberikan gambaran tentang perangkat handphone yang saya ketahui, yaitu handphone android ini memiliki spesifikasi yang berbeda-beda, pabrik handphone memberikan pilihan sesuai kebutuhan pasar ada yang maunya murah ada yang maunya mahal, ada yang cukup dengan spek biasa standar harga lebih murah, ada yang spek tinggi harga lebih mahal, spesifikasi tinggi yang dimaksud saya tonjolkan pada ram saja, semakin tinggi semakin bagus dan semakin mahal juga harganya.

Jika spesifikasi hp sudah tinggi hp baru, memiliki kinerja yang cepat meski tidak menutup kemungkinan bisa menjadi lemot loadingnya lama, karena penggunaan hp android tidak tahu bagaimana perawatannya, lama-kelamaan berjalannya waktu tidak berasa hp jadi lemot, agar hp android tetap berkinerja maksimal maka kita pemilik hp android perlu tahu bagaimana cara perawatannya agar kinerja hp tetap terjaga.

Sampai disini kesimpulan spesifikasi handphone android faktor yang mempengaruhinya adalah spesifikasi hp itu sendiri, jika speknya tinggi hp mahal, kinerja hp akan cepat, kemudian hp spek rendah terbatas kinerja cepat jika terbatas penggunaan aplikasinya membatasi penggunaan ram.

Bagaimana cara mempercepat kinerja hp android apapun jenis handphonenya
Punya pengalaman menggunakan hp android dari beberapa hp yang saya miliki handphone dengan memori rendah dan handphone android dengan memori cukup tinggi. Untuk mempercepat kinerja hanphone berikut beberapa hal yang saya lakukan :

1. Saya selalu membatasi penggunaan memori jangan sampai melebihi dari separo, jadi sisain space memori setengah, kita bisa cek melalui pengaturan dan lihat dipenyimpanan, disitu akan terlihat space yang sudah digunakan untuk penyimpanan, jika sudah melebihi setengah biasanya saya melakukan pengurangan aplikasi, kemudian menghapus cache setiap aplikasi yang saya gunakan, foto dan video yang tidak diperlukan saya hapus, setelah saya lakukan itu cek dipenyimpanan lagi, akan terlihat pengurangan space memori, dan kita bisa rasakan bedanya kinerja hp android.

- Untuk menghapus cache masuk ke pengaturan, manajer aplikasi, klik aplikasi yang akan di hapus dan klik hapus chace jika mau hapus, klik unsintal aplikasi.
- Untuk menghapus video dan foto masuk saja di galeri klik foto pilih hapus.

Sebenarnya tidak ada patokan setengah memori disisakan, kita bisa ukur kalau hp sudah berasa lemot berarti harus ada pengurangan dipenyimpanan, tapi diibaratkan jika hp sudah lemot ini seperti beban jika lama-kelamaan beban hp bisa saja eror dan rusak.

2. Rutin setiap hari sekali melakukan penghapusan chace pada aplikasi yang saya gunakan, kemudian memindah video di hardisk laptop jika video tersebut kita sukai, kita bisa menguploadnya diakun media sosial, seringkali para ibu-ibu cara menyimpan koleksi fotonya di album media sosial, jika video disimpan diyoutube.
Ada dua aplikasi yang menjadi perhatian saya, karena cepat menyimpan chace banyak yaitu aplikasi android facebook dan youtube, ini yang paling cepat menambah memori penyimpanan hp android.

Adakah cara instan mempercepat hp android ?
Kalau cara diatas terbilang tidak mudah, ribet kurang praktis, tidak bisa melakukannya, ada salah satu cara menurut saya instan mempercepat kinerja hp android, apakah itu yaitu membeli hp dengan spesifikasi tinggi, harga hp dengan kisaran harga 5 juta rupiah itu sudah cukup cepat kinerjannya. bukan bercanda atau guyonan ya, ini memang dari apa yang saya rasakan, karena kebutuhan saya untuk ngeblog buat video dan kamera yang bagus, saya beli hp yang lumayan bagus dan memang nyaman  buat kerja.

Bagaimana kalau hp saya spek rendah agar kinerja tetap cepat agar tidak lemot ?
Kalau kasusnya hp spek rendah pengin cepat, seperti disebutkan diatas yaitu mau tidak mau harus bersabar dengan membatasi menggunakan aplikasi yang diperlukan saja.
Cerita studi kasus, ada bapak yang bertanya kepada saya hpnya lemot, whatsappnya tadinya bisa sekarang jadi ga bisa, begitu meminta tolong kepada saya, yang saya lakukan adalah mengecek memori penyimpanan hp tersebut, tebakan saja benar penyimpanannya sudah limit hampir penuh, langkah yang saya lakukan adalah menghapus aplikasi yang memakan memori banyak, video saya hapus, kemudian saya cek di penyimpanan apabila penyimpanan sudah cukup saya cek lagi aplikasi whatsappnya bisa kembali dan kinerja hp pun cepat kembali.

Penutup
Untuk mengakhiri ulasan postingan yang berjudul 2 Cara Mudah Mempercepat Kinerja HP Android Lemot dapat saya menyimpulkan inti untuk mempercepat kinerja hp android adalah ada pada ruang penyimpanan RAM HP Android.
Dukung blog ini caranya berbelanja online di www.tokofaiz.com klik disini www.tokofaiz.com




Baca Juga

Komentar

Postingan populer dari blog ini

WC Mampet dikasih apa ya ? Cerita Pengalaman Beres dengan Cara ini

Atribut PMR dan kelengkapannya itu apa saja, berikut ulasan lengkapnya

Pengalaman Pemula Ternak Kenari bagian penjodohan

Ketahui Bahasa Inggris Terkejut dan Cara Menggunakannya

5 Catatan Buka Toko Online Kedua setelah yang Pertama Lumayan berhasil