6 Langkah Membangun Toko Online dari Nol

6 Langkah Membangun Toko Online dari Nol
6 Langkah Membangun Toko Online dari Nol

agussupriyono.web.id - Punya sedikit pengalaman mengelola toko online, coba mengulasnya semoga bermanfaat, muncul ide menulis ini karena teringat awal dulu merasa kesulitan untuk closing jualan online untuk pertama kalinya, kemudian pengalaman jualan berganti-ganti produk, berikut saya tulis dalam judul posting Tahapan Membangun Toko Online dari Nol.

Sebelum berjualan online saya beberapa kali menjadi pemasar didunia nyata, dalam prosesnya menemui beberapa hal salah satu diantaranya menemui customer diawal pembayaran lancar kemudian beberapa waktu kemudian tersendat pembayarannya, saya sih memakluni mungkin tempat jualannya yang saya supplay penjualannya lagi sepi, jadi tidak fokus menyalahkan si penjual tapi karena keadaan, belajar dari beberapa kali mengalami itu, lalu saya punya pikiran didaerah kok sepertinya sulit untuk berkembang dikarenakan keterbatasan wilayah pemasaran, dan mulai melirik internet jangkauannya luas, waktunya pun tidak  terikat harus kesana kemari, mulailah saya belajar seputar toko online.

Mulai dari sini saya belajar bagaimana membuat toko online, mempromosikannya dan sistem penjualannya, karena tidak ada mentor saya sendiri juga bingung mau belajar dengan siapa, tapi tidak berarti tidak ada solusi, saya dapat belajar dari mesin penulusuran google, disitu terdapat banyak juga artikel yang mengulas seputar bisnis toko online, dari tips, cara membuat toko online, cara promosi, serta bahasa marketing, saya baca satu persatu referensi yang saya temukan lalu saya praktekan.

Berikut coba meringkasnya dalam beberapa tahapan 6 Langkah Membangun Toko Online dari Nol

1. Memahami dasar-dasar sistem toko online
Dapat saya menjelaskan alur toko online ini adalah
- Punya lapak online, lapak online ini bisa berupa website, akun media sosial jualan online
- Mempromosikan lapak online
- Menentukan sistem cara order
- memahami tugas-tugas toko online, yaitu melayani chat calon pembeli, produk ready, pengepakan dan pengiriman.
Dengan kematangan pemahaman sistem toko online ini, akan tahu bagaimana cara mengelola toko online apa yang harus dilakukan dalam mengelola toko online.

2. Membuat Lapak toko online
Jualan online ini yang saya perhatikan ada banyak juga yang tanpa website, karena memang buat webite juga tidak semudah membuat akun media sosial, sebagian jualan menggunakan akun media sosial seperti instagram, facebook, ada yang efektif ada juga yang tidak, ada juga yang cape, stres karena belum closing akhirnya menyerah mengurus toko onlinenya.

Menurut saya lapak toko online didunia maya, wajib memiliki website alasannya adalah lebih bersungguh-sungguh saja lebih terkesan profesional, kalau gambaran saya mengkritisi jualan online hanya lewat akun media sosial bisa berkesan orang menebak-nebak, jualan kok pakai akun media sosial reputasinya bagaimana, begitu ada pembeli, akunnya di blokir sudah kehilangan jejak. tetapi kalau website dengan custom Top level domain, seperti contoh tokoonline dot com ini meski baru sudah terlihat profesional, bagi yang mengerti dengan membuat lapak toko online dengan top level domain ini berbayar, dan regiter memiliki data yang lengkap pemilik domain tersebut, jadi bisa dilacak jika ada yang menggunakan domain com melakukan pelanggaran.

Pernah saya temui, jualan online menggunakan media sosial aplikasi bbm, begitu dapat pembeli, sudah transfer, pembeli tersebut di delcont, pembeli tidak bisa berbuat apa-apa, tidak bisa melacaknya. kemudian memanfaatkan platform gratisan untuk melakukan penipuan, karena tidak ada ruginya, dapat mangsa terus kabur, dengan menghapus akunnya.

Reputasi toko online ini perlu dibangun, ini menjadi bagian penting dalam mengelola toko online, maka dari itu medianya harus mantap terlebih dahulu, untuk mendisplay produk dan deskripsinya, rekomendasi saya yaitu dalam membangun toko online membuat website toko online sendiri.

3. Membuat Ketentuan cara Order
Ketentuan toko online ini juga perlu dibuat, tujuannya bagi saya agar dalam chat dengan calon pembeli ini tidak bertele-tele menghemat waktu. bagi yang bermodal besar toko onlinenya sudah canggih tanpa chat dengan admin cs toko online, melalui sebuah form order yang otomatis. bagi yang konvensional kita juga bisa membuatnya, cara ini juga dilakukan oleh pelapak dunia maya lainnya, membatasi chat dengan calon pembeli untuk menghemat waktu, sehingga ketika ramai bisa terlayani semua.

Berikut ada contoh yang saya lakukan dalam membuat ketentuan cara order di toko online saya, yaitu dengan memberi informasi selengkap-lengkapnya dengan harapam calon pembeli paham dan tidak bertanya panjang lebar lagi tapi langsung membeli.

Untuk informasi lengkap foto produk dan daftar harga silakan dibaca dulu di www.perlengkapan-pmr.com jika ada yang kurang jelas silakan kembali chat wa. Harap mahklum.

Berikutnya.

Cara Order:

1. Untuk Pemesanan Isi Form berikut ini ya :
Nama :
Alamat :
No HP :
Pemesanan :
Nama Produk Jumlah
Kirim menggunakan jasa ekpedisi (pilih salah satu JNE, POS, J&T)

Setelah itu akan kami hitung total belanja di tambah biaya kirim.

2. Admin akan membalas memberitahukan sejumlah uang yang ditransfer dan rekening pembayaran
Rekening pembayaran :
- Cab.Bank : BRI Unit Jebed Pemalang
- No rekening : 598101009701531
- Nama Pemilik Siti Faizah Nur

3. Pemesan transfer, order diproses packing dan pengiriman, pemesan akan diberi nomor resi pengiriman

4. Tanya Jawab Seputar Perlengkapan-pmr.com

- Saya transfer Sekarang pesanan dikirim kapan ?
Transfer pembayaran melebihi jam 14.00 pesanan dikirim besoknya
Transfer Pembayaran jam 00.00 - 13.00 pesanan dikirim pada hari itu

- saya mau beli banyak apakah mendapatkan potongan penjelasannya disini https://goo.gl/ZFzBU3

- Untuk yang masih ragu belanja di toko online kami, berikut arsip transaksi penjualan bisa cek disini https://goo.gl/7LgMg2

- Cara cek biaya kirim bisa langsung cek sendiri via aplikasi android "RAJA ONGKIR" masih bingung caranya butuh penjelasan ulasannya bisa disimak disini https://goo.gl/kuCyG1


Akses Informasi Penjualan Perlengkapan PMR (daftar lengkap produk dan harga ) :

Website : www.perlengkapan-pmr.com
Follow Facebook : https://www.facebook.com/perlengkapanPMR/
Follow Instagram : https://www.instagram.com/atribut_pmr/

Terima kasih


Salam Admin


Agus Supriyono
( Admin Perlengkapan-pmr.com)
Cara tersebut juga saya ikuti dapat dari pegalaman beli online, ketika saya order saya diberi informasi terlebih dahulu, karena menurut saya bagus, saya ikuti membuat ketentuan cara order dengan gaya bahasa saya sendiri.

4. Mempromosikan Toko Online
Ini yang menurut saya bagian yang cukup melelahkan, hingga banyak orang yang tidak sabar akhirnya berhenti jualan online, berikut coba berbagi cara promosi yang saya lakukan, disini menurut saya anda harus berkreatifitas dan berstrategi, yang saya lakukan tidak hanya menawarkan secara frontal, tapi ketahui juga sasaran market produk kita, anda harus tahu dan mulai promosi disitu, misalnya saya sendiri jualan produk atribut PMR maka sasaran saya adalah anggota PMR. maka dalam mempromosikan toko online saya menawarkan melalui media sosial ke orang-orang yang ada keminatan dengan Palang Merah remaja, dan hasilnya pun berkali-kali closing, tidak hanya aktif mempromosikan, kita juga perlu membangun reputasi seperti yang saya lakukan dengan menulis catatan jualan online seperti bukti pengiriman, agar terlihat toko online yang kita kelola ada kehidupan tetap eksis setiap harinya ada aktivitas jualan online berikut dapat disimak apa yang saya maksud yaitu pada kumpulan bukti-bukti pengiriman penjualan perlengkapan pmr.

Kemudian untuk mengefektifkan promosi, promosi yang dilakukan tidak hanya promosi gratisan tetapi juga promosi berbayar, karena promosi berbayar punya nilai tambah sendiri, tersistem dan dari apa yang saya rasakan cukup efektif juga.

5. Pelayanan toko online yang optimal
Pelayanan ini berhubungan dengan reputasi toko online, jika pelayanannya bagus, calon pembeli tidak dikecewakan secara tidak langsung itu juga bagian dari promosi toko online, dengan apa yang saya lakukan lumayan juga ada yang kembali order dan semakin menaruh kepercayaan dengan toko online saya hingga akhirnya menjadi pelanggan setia.

6. Pembukuan Transaksi toko online
Awalnya saya hanya mengurusi lapak dan promosi, keluar masuk uang di bank tidak saya catat, tenyata ini perlu juga, pembukuan transaksi toko online ini menjadi bahan evaluasi dan tentunya menjadi motivasi memacu untuk meningkatkan penjualan online dari bulan ke bulan.

Demikian mudah-mudahan ada hal yang bermanfaat jika mau dishare silakan dengan ketentuan cantumkan link sumbernya ya, terima kasih.
Advertisement