9 Daftar Perlengkapan Bayi Untuk Persiapan Sebelum Melahirkan

9 Daftar Perlengkapan Bayi Untuk Persiapan Sebelum Melahirkan
9 Daftar Perlengkapan Bayi Untuk Persiapan Sebelum Melahirkan
Proses persalinan kehamilan pertama dulu belum jadi blogger mengalir begitu saja tidak saya tulis, sekarang jadi blogger punya blog kalau ada sesuatu yang baru ketahui menjadi sebuah ide untuk menulis dan posting di blog, kali ini proses persalinan kehamilan kedua istri saya, banyak hal yang saya ketahui yang akan coba saya share. sepertinya cukup membantu sekali, karena persalinan ini menurut saya waktu-waktu yang menegangkan, mudah-mudahan dengan persiapan yang matang mengurangi rasa tegang dan agak lebih nyaman.

Sering muncul beberapa pertanyaan seputar persiapan persalinan diantaranya persiapan persalinan normal, daftar persiapan melahirkan, persiapan perlengkapan melahirkan, persiapan melahirkan anak pertama, perlengkapan bayi sebelum melahirkan, persiapan melahirkan normal tanpa rasa sakit, isi tas persiapan melahirkan, semoga yang akan saya ulas sebuah pengalaman pribadi, menjawab pertanyaan itu, berikut ceritanya.

Ada fasilitas jaminan kesehatan gratis, salah satunya untuk persalinan kelahiran secar, saya pun cari informasinya yang pertama kali adalah membuat kartu BPJS, disaat istri buru-buru buat kartu BPJS ternyata di tempat kerja sedang ada program BPJS bagi karyawan ya sudah kebetulan, saya istri dan anak saya daftarkan.

Setelah punya kartu BPJS bingung, bagaimana cara pakainya, tanyalah kepada teman, untuk mendapatkan biaya gratis dirumah sakit harus ada rujukan dari fasilitas kesehatan (faskes) pertama, Faskes pertama saya puskesmas, ternyata di puskesmas tidak asal minta rujukan, rujukan dikeluarkan jika dipuskesmas tidak bisa menangani, maka puskesmas akan memberikan rujukan ke rumah sakit yang diinginkan pasien, setelah itu istri saya pun tentukan operasi cesar disalah satu rumah sakit yang katanya bagus, pertimbangan secar ini karena memiliki riwayat pada persalinan pertama secar.

Setelah mendapatkan rujukan, periksa di poli rumah sakit untuk cek kehamilan, ditanya dokternya kenapa dirujuk, kemudian dijelaskan alasannya karena punya riwayat cesar, akhirnya dokter pun tidak berpikir panjang menyarankan untuk operasi cesar kembali, jika persalinan normal ada resiko dijahitan sebelumnya, kemudian diminta menentukan mau tanggal berapa, komunikasi dan mempertimbangkan akhirnya menentukan tanggal dan hari. dokter pun mempertegas dan memberi penjelaskan nanti tinggal datang, dan tunjukan surat keterangan ini dibagian pendaftaran pada saat mau operasi.

Tiba waktunya operasi, saya pun datang kerumah sakit mengikuti arahan dokter 2 minggu yang lalu, mendatangi bagian pendaftaran, dari pendaftaran menunjukkan surat keterangan dari dokter tadi, dari dokter lalu ke bagian admin persiapan cesar, disini berkas dicek, kemudian diminta mengisi dan menandatangani form, diminya mempersiapkan perlengkapan bayi diantaranya sebagai berikut :


9 Daftar Perlengkapan Bayi Persiapan Sebelum Melahirkan, untuk Ibu dan Bayi

Untuk Ibu
1. Tapih atau jarit sebanyak 3 buah
2. Pembalut Ibu 4 buah ( ini yang panjang pembalut bersalin) beda dengan pembalut untuk datang bulan, persiapannya salah yang dibawa pembalut untuk datang bulan, akhirnya beli mendadak
3. Alat cukur jenggot, ini untuk membersihkan bagian bawah ini agar bersih dan memperlancar proses secar.
4. Tisu basah.

Untuk Bayi
5. Bedong 1 buah
6. Kendil 1 buah
7. Baju Bayi 1 buah
8. Popok Bayi
9. Pampers bayi

Setelah itu kebagian administrasi tempat dimana bayi lahir akan di letakan, saya sebut saya ruang penampungan bayi, disini hanya mengisi data, setelah selesai saya melengkapi perlengkapan kelahiran yang kurang, untungnya dirumah sakit ada kantinya dan jual perlengkapan tersebut, dan bagi anda suami harus siap, jangan hanya istri saja yang menyiapkan, istri mau persalinan sang suami yang berperan kesana kemari untuk melengkapi persiapannya.

Setelah siap semuanya, sekarang tinggal menunggu dokter yang akan mengoperasi secar, menunggu dikamar khusus, setelah dokter datang, para asisten melakukan persiapan, pasien dibawa ke ruang persiapan operasi, semua siap, dokter ambil tindakan, lama operasi kurang lebih 15 menit. selesai operasi, masuk ruangan setelah operasi, dan tak lama kemudian masuk ke kamar perawatan.

Bayinya berada di penampungan bayi, dicek oleh dokter anak terlebih dahulu, jika kondisi bayi dinyatakan dokter sehat, selanjutnya akan digabung bersama ibunya di ruang kamar perawatan. disini saya puya pengalaman, bolak-balik ke penampungan bayi yang baru lahir, saya tanya kok belum dipindah bu bidan, apakah bayi saya kurang sehat, jawabnya belum diperiksa dokter anak, dokternya belum datang, akhirnya petugas mengganti dokter anak lainnya dan setelah itu bayi dipindah ke kamar perawatan bersama ibunya.

Pengalaman istri saya, dari operasi jam 13.00 masuk kamar perawatan jam 16.00, lama diproses jahit, dan steril, bayinya masuk jam 18.00.

Proses dari operasi kemudian dirawat diruang perawatan untuk pemulihan sampai dinyatakan boleh pulang, untuk persalinan cesar lamanya 4 hari. untuk biaya karena menggunakan BPJS tidak dikenakan biaya, jadi kebagian kasir hanya diberi bukti pasien keluar, lalu kebagian farmasi untuk ambil obat, setelah itu ke petugas piket ruangan, disitu petugas akan menjelaskan arahan berikutnya seperti aturan minum obat, pemberian surat keterangan kelahiran dan jadwal control, setelah itu administrasi kepulangan pasien selesai, petugas akan mengantar sampai keluar. dan memberikan surat bukti pasien keluar ke satpam di pos penjagaan, setelah itu pulang.

Ini hanya cerita ditempat rumah sakit tempat persalinan istri saya, mungkin beda rumah sakit beda aturan. hal baru yang beda dari proses persalinan kelahiran yang pertama adalah cara minum obatnya yaitu melalui selang infus, disuntikan dari situ, jadi pasien tidak minum obat pakai air menelannya, lebih praktis yaitu oleh petugas langsung menyutikkan melalui slang infus. jika tidak menggunakan infus minum seperti biasa.
Jadi disini dalam perkembangannya medis kesehatan ini ada update, jadi sekarang saya bercerita seperti ini mungkin tahun yang akan datang ada update lagi ada perubahan lagi.

Penutup

Sepertinya untuk persalinan normal ataupun secar sama saja yang dipersiapkan yaitu Tapih atau jarit Pembalut bersalin Alat cukur jenggot Tisu basah.Bedong Kendil Baju Bayi Popok Bayi Pampers bayi

Demikian semoga membantu.
Advertisement