Alasan kenapa berjualan online menggunakan nama toko online sendiri


Kalau berpikir jangka pendek berjualan nebeng di situs market place besar ini memang sangat menguntungkan, minim promosi sudah banyak penjualan, namun dibalik kemudahan ada beberapa efek yang terjadi.

Kita bisa perhatikan situs market place iklannya luar biasa, penjual diuntungkan dengan ini, namun yang terjadi terdapat kejadian yaitu karena kemudahan jualan di market place yang awalnya distributor kebanjiran order, turun drastis dikarenakan produsen ikut jualan juga, ya jelas kalah harga, lambat laun tergeser, jadi pembeli di market place sudah tahu bagaimana cara mencari harga termurah, dengan kejadian ini menjadi point tersendiri mundurnya perlahan berbisnis toko online, bahkan berhenti.

Kemudian berjualan di situs besar jual beli online orang menyebut marketplace seperti disebutkan diatas jangka pendek bagus, bagaimana dengan jangka panjang, saya dapat mengilustrasikan antara mall dan toko biasa, ketika kita buka lapak  di mall orang ketika berbelanja menyebutnya nama mallnya bukan outletnya, ya ada juga si yang nyebut nama outletnya sebagian, karena branding kalah kuat dengan mallnya, kemudian kita bandingkan dengan toko-toko yang di pinggiran jalan, orang kalau beli menyebutnya jelas ditoko ini alamatnya ini, berjalannya waktu toko online yang dipinggir jalan ini mandiri tidak bergantung bahkan ketika sudah dikenal rasanya mengalir datang orang dengan sendirinya, minim promosi saja sudah berjalan. tidak hanya toko dipinggiran jalan, usaha yang masuk di perumahan saja dicari orang didatangi karena memang sudah terkenal, inilah pentingnya branding nama usaha kita.

Sedangkan yang saya ilustrasikan sebagai mall tersebut, awal mungkin penjualan bagus, berjalannya waktu toko didalam mall ini tidak begitu perhatian dengan branding toko onlinenya, akan tenggelam dengan pesaing yang sama aktif melakukan branding toko onlinenya, toko online tersebut bergantung pada nama besar situsnya, ketika situs karena adanya sesuatu tutup, sitoko online yang nebeng lapak pun ikut tenggelam.

Selalu ada kelebihan dan kelemahan, bijaknya kita mengetahui kelemahannya kemudian mempersiapkan solusi untuk ancaman tersebut, jika terjadi sudah siap menyesuaikannya begitu juga berjualan online menjalankan toko online, kita sudah mengetahui menganalisis sehingga tahu upaya-upaya apa yang akan dilakukan, seperti serius ditoko online kendala selalu ada dan kita harus bisa menyiapkan solusinya, kita sudah punya strategi agar kita toko online bisa bertahan dan terus eksis.

Saya menulis ini dari mencatat perjalanan mengelola toko online perlengkapan atribut PMR, ketika saya menjual dengan nama toko online sendiri, berkomunikasi langsung dengan para pembeli, disini seperti membangun aset, nomor pembeli saya simpan di hp, seringkali tak diduga nomor yang saya simpan dilain waktu membeli untuk ke beberapa kalinya. saya seperti sedang membangun pelanggan-pelanggan yang loyal dan bayangan saya kedepan itu menjadi aset relasi toko online saya yang dari tahun ketahun ada peluang membeli lagi.

Saya perhatikan calon pembeli ini menyimpan nomor hp admin cs toko online saya, ini terlihat di whatsapp menurut saya ini sebuah keuntungan, calon pembeli sudah menyimpan nomornya, hari ini tidak jadi beli mungkin lain hari kalau membutuhkan karena sudah menyimpan nomor hpnya, tinggal menghubungi cs toko online.

Demikian semoga ada manfaatnya, salam dari admin agussupriyono.web.id
Dukung blog ini caranya berbelanja online di www.tokofaiz.com klik disini www.tokofaiz.com




Baca Juga

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Ketahui Bahasa Inggris Terkejut dan Cara Menggunakannya

Atribut PMR dan kelengkapannya itu apa saja, berikut ulasan lengkapnya

Pengalaman Pemula Ternak Kenari bagian penjodohan

Cerita Pengalaman Cara Saya Promosi di Instagram

WC Mampet dikasih apa ya ? Cerita Pengalaman Beres dengan Cara ini