Perlukah Strategi Logistik Untuk Pengembangan Kawasan Industri?

Jika selama ini paradigma tentang strategi logistik terkurung pada sektor bongkar muat barang saja, mulai sekarang harus dirubah. Pasalnya jenis strategi tersebut juga sangat mendukung banyak sektor pembangunan, baik itu pengadaan anggaran, hingga keamanan. Tak salah jika dalam pengembangan sebuah kawasan industri, pengaplikasiannya termasuk prioritas.

Banyak model strategi di bidang logistik yang sering diterapkan oleh perusahaan industri. Tapi pada umumnya memegang asas efektif dan efisien. Ada juga yang memadukannya dengan manajemen keuangan dan manajemen bisnis lainnya.

Ini Alasan Mengapa Strategi Logistik Itu Penting

Dalam pengembangan kawasan industri terpadu seperti di daerah Karawang yang dikelola KNIC, perusahaan industri dari berbagai bidang diprediksi akan bertumbuh dan pastinya membutuhkan sebuah pengelolaan tepat guna, baik dari segi waktu, tenaga, dan biaya. Disitulah pentingnya sebuah strategi dalam hal logistik diterapkan.

- Waktu
Ketika sebuah strategi logistik diterapkan, hal yang dapat dipangkas adalah waktu. Contoh, misalnya dari sebuah pabrik industri makanan, dibutuhkan waktu lima jam mendistribusikan produk ke dealer, dengan melibatkan manajemen waktu pada strategi pendistribusian, maka waktu bisa dipangkas menjadi tiga jam saja.

- Tenaga Kerja
Dengan menggunakan fasilitas yang tepat, maka tenaga yang dibutukan akan menyusut. Terutama fasilitas seperti alat-alat berat dengan pengontrolan otomatis. Kondisi ini juga akan menjadikan sebuah usaha bahkan semua usaha di kawasan industri terpadu lebih efektif dan efisien. Jadi hanya butuh tenaga dengan skill terbaik untuk hasil yang lebih baik pula.

- Biaya
Strategi logistik yang tepat pada masalah pembiayaan, juga akan memberikan dampak maksimal pada distribusi produk, hingga pengembangan sebuah kawasan industri. Dimana, ketika biaya bisa ditekan pada semua alur pendistribusian, tentu akan memberikan keuntungan lebih bagi perusahaan, asalkan tetap mengedepankan kualitas di berbagai aspek.

Penerapan strategi logistik akan memberikan manfaat luar biasa bagi dunia industri, apalagi di kawasan yang dijadikan pusat berbagai jenis industri potensial. Karena selain masalah pemangkasan waktu, tenaga, dan biaya, manfaat lain yang dirasakan sangat banyak seperti administratif yang lebih tertata, hingga  kepuasan konsumen yang akan selalu terjaga.
Dukung blog ini caranya berbelanja online di www.tokofaiz.com klik disini www.tokofaiz.com




Baca Juga

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Atribut PMR dan kelengkapannya itu apa saja, berikut ulasan lengkapnya

Ketahui Bahasa Inggris Terkejut dan Cara Menggunakannya

WC Mampet dikasih apa ya ? Cerita Pengalaman Beres dengan Cara ini

Pengalaman Pemula Ternak Kenari bagian penjodohan

NexGard Spectra, Tablet Kunyah Anti-Kutu yang Dijamin Disukai Anjing Anda