Nasehat yang membangkitkan Semangat

Saya paling suka kalau ngobrol dengan teman adalah mengulas pengalaman, salah satunya sobat saya ini menceritakan masa lalu pertama kali merantau dan belum pernah bekerja sama sekali.

Datang ke kota besar ingin menjadi karyawan, usaha dilakukan dengan melamar diberbagai perusahaan, namun kenyataannya, belum mendapatkan panggilan satupun.

Waktu berjalan menjadi pengangguran, dimana harus mengatur keuangan, tak berasa uang tinggal 17ribu waktu itu tahun 1990, pikiran galau dan bingung harus bagaimana, kemudian mengambil langkah dengan berjualan, uang yang ada dibelanjakan semua belanja rokok untuk dijual kembali.

Rokok sudah terbeli, mau jualan mental belum siap, mulut terasa berat untuk berkata menawarkan jualannya.

Hanya duduk tersipu malu, antara jualan dan bagaimana cara memulainya, menguasai jalan pikirannya, sehingga lama duduk diam, menghabiskan waktu hari itu.

Sikapnya yang hanya diam, ternyata menarik perhatian lingkungan yaitu seorang kondektur bus yang merasa terheran ada seorang anak diam ditempat yang sama berjam-jam tidak tahu jelasnya ada apa orang ini.

Kondektur pun menghampiri orang itu, lalu bertanya maksudnya apa teman saya ini hanya duduk lama, kemudian dengan tersipu malu waktu itu mengatakan "mau jualan rokok" kondektur itu pun dengan nada keras memberikan nasehat berkata "apa yang bisa anda lakukan sekarang, lakukan" dengan kata seperti ini tidak tahu mengapa, teman saya ini termotivasi, jiwanya bangkit semangat memulai jualan rokok, yang tadinya berat berkata-kata untuk menjajakan barangnya, setelah dinasehati mulai menapaki dari bus ke bus di terminal.

Proses berjalan, hasilnya menyenangkan, dikatakan jualan rokok ini untungnya banyak, bermain uang katanya, akan tetapi bukan sekedar uang, tapi dinilai caranya menghasilkan uang dari jualan rokok tidak diperkenankan keluarganya, akhirnya berhenti dan pulang ke kampung halaman dengan membawa sejumlah uang laba penjualan rokok yang jumlahnya lumayan.

Jadi disimpulkan oleh teman saya ini, nasehat singkat yang membangkitkan semangatnya untuk berusaha adalah "kerjakan apa yang bisa dikerjakan sekarang"

Oke, semoga bisa dipahami dan bermanfaat.
Dukung blog ini caranya berbelanja online di www.tokofaiz.com klik disini www.tokofaiz.com




Baca Juga

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Atribut PMR dan kelengkapannya itu apa saja, berikut ulasan lengkapnya

Ketahui Bahasa Inggris Terkejut dan Cara Menggunakannya

Pengalaman Pemula Ternak Kenari bagian penjodohan

NexGard Spectra, Tablet Kunyah Anti-Kutu yang Dijamin Disukai Anjing Anda

Turunkan Berat Badan Secara Sehat