Usaha Jangka Panjang dan Usaha Jangka Pendek Biar Dapur tetap Ngebul

Usaha Jangka Panjang dan Usaha Jangka Pendek Biar Dapur tetap Ngebul

Tiba-tiba teringat sebuah nasehat bisnis, kalau usaha itu ada dua, usaha untuk jangka panjang dan usaha untuk jangka pendek.

Usaha jangka panjang seperti apa ?

Pemahaman saya, usaha jangka panjang berarti yang perlu dibangun, perlu konsisten dan komitmen dalam menjalankannya, contohnya seperti teman saya, usaha martabak terus tekuni dan berkembang, kalau orang lagi nyari cemilan larinya ke lapak martabaknya.

Singkatnya setelah melalui proses dan waktu usahanya sudah dikenal, dimasa depan misal 10 tahun kemudian sudah punya nama, dikenal.

Contoh lainnya jadi pengusaha konveksi baju gamis, dimulai dari nol, sampai berjalan 10 tahun kemudian sudah dikenal, banyak pelanggannya, orang cari baju gamis, belinya ke pengusaha ini.

Usaha jangka pendek seperti apa ?

Saya memahaminya usaha yang instan hasilnya, usaha ikut orang demi mendapatkan cuan, saya kaitkan didunia maya sebagai contoh, mengikuti trend yang ada, seperti sekarang ini aplikasi penghasil uang misalnya seperti snack video, dari pantauan saya, dari handphone bisa mendapatkan rupiah dari aplikasi snack video. baca selengkapnya disini panduan menghasilkan uang videosnack

Intinya ada usaha yang menghasilkan harian 

Kalau dikaitkan usaha jangka panjang dan jangka pendek, kalau hanya bertumpu usaha jangka panjang, dimana usaha tersebut belum menghasilkan uang harian, belum mapan, bisa berdampak dalam kedefisitan ekonomi.

Maka dari itu perlunya ditopang usaha jangka pendek agar dapur tetap ngebul. ekonomi keuangan tetap berimbang.

Sekian tulisan singkat semoga bermanfaat.