4 Cara Melelahkan Jualan Online Tapi ada juga yang Melakukan

4 Cara Melelahkan Jualan Online Tapi ada juga yang Melakukan
4 Cara Melelahkan Jualan Online Tapi ada juga yang Melakukan

Tidak akan mengulang kesalahan kedua kalinya yaitu dalam topik pembahasan menghasilkan uang dari internet melalui jualan online, maka dari itulah saya buat ulasan dengan judul Cara Melelahkan Jualan Online Tapi ada juga yang melakukan, maksudnya sebuah cara-cara yang dilakukan didunia maya mempromosikan produk atau toko online, seperti apa cerita pengalamannya, yuk disimak.

Kalau biasanya orang membuat tulisan membahas cara sukses jualan online, bermanfaat bisa menjadi tutorial jualan online bagi yang baru memulai belajar jualan online, akan tetapi setelah dipraktekan hasilnya tidak sesuai harapan, seringnya setelah dipraktekan hasilnya beda-beda, karena memang hasil itu rahasia Tuhan Yang Maha Esa, ada toko online sukses ada toko online yang belum pernah sekalipun closing.

Tulisan ringan ini saya ulas bertujuan harapan ketika membaca postingan ini pembaca memahami kemudian tidak melakukan apa yang salah, sehingga lebih efektif lagi dalam berjualan online, tidak membuang-buang waktu.

Ini adalah sebuah pengalaman awal belajar jualan online, punya ide pikiran berjualan online dalam mempromosikan produk, setelah berusaha promosi kesana kemari hasilnya nihil, lelah juga rasanya, memang jualan di internet dikerjakan dari tempat duduk, tapi tidak disadari memakan banyak waktu, kuota dan pikiran, karena semangat berkat kegigihan mau belajar, banyak membaca tutorial para mastah jualan yang membuat ebook lalu dibagikan gratis, jadi paham punya gambaran oh ternyata begitu cara jualan online yang benar, cara yang benar saya kesampingan dulu, mungkin akan dibahas pada postingan berikutnya.

Berikut dapat saya rangkum beberapa catatan jualan online yang melelahkan dari pengalaman dan juga dari memperhatikan cara promosi orang, berikut diantaranya

1. Berpikiran banyak teman di facebook bisa jadi target promosi, didunia maya ini mudah dari tempat duduk bisa menjangkau kemana-mana, salah satu cara banyak teman facebook ini tinggal request pertemananan sebanyak-banyaknya misalnya saja di facebook, setelah 5000 orang baru update status promosi jualan, dilakukan berulang-ulang bukannya dapat pembeli tapi dibully kemudian di unfriend, inilah salah satu yang saya maksudkan jualan online yang melelahkan. jadi jualan di facebook juga harus memperhatikan siapa yang kita tambahkan pertemanan, nantinya pertemanan tersebut menjadi target promosi yang tepat sasaran, misalnya jualan produk kecantikan, kita selektif yaitu request pertemanan wanita, jangan semuanya laki-laki juga di add pertemanan, itu contoh kasar saja.

2. Pada saat booming aplikasi BBM, orang banyakin teman di bbm kontaknya sampai full, saya sendiri coba bereksperimen cara menambah kontak bbm, ternyata berhasil dalam waktu cepat kontak bbm saya full, lalu saya buat akun bbm sampai 4 biji kemudian full juga, kalau per akun dibatasi 2000 kontak bbm berarti total ada 8000 kontak bbm, saya buat promosi, hasilnya tetap saja nihil.
Jadi menargetkan pengguna BBM ini untuk promosi juga tidak bisa asal-asalan, kalau orang yang tidak butuh dengan produk kita, lalu kita tawarkan jelas akan mengabaikan. jadi kalau tujuan memperbanyak kontak bbm untuk promosi pertimbangkan dulu, tambahkan kontak bbm hanya orang yang ada keminatan dengan produk yang kita jual.

3. Jualan ini tidak semata promosi, tapi membangun reputasi juga penting, bagaimana membuat calon pembeli ini percaya dengan produk yang kita jual, kalau reputasi jualan online anda rendah, promosi akan sia-sia, saya sendiri pun mengevaluasi hal ini, sebisa mungkin ketika memulai jualan online saya buat natural saja, ketika dapat pembeli, saya optimalkan dengan meminta testimoni dari sinilah untuk menumbuhkan reputasi jualan online yang terpercaya, selanjutnya mudah untuk meyakinkan pembeli kalau jualan online ini dapat dipercaya.
Jadi jualan online ini tidak asal, mengabaikan tidak membangun reputasi jualan online, dengan cara ini jualan online akan melelahkan, karena calon pembeli khawatir berpikir ragu dengan toko online apakah terpercaya atau toko online penipu. sudah bertanya panjang lebar habis itu kabur tak ada kabar, alias tidak jadi membeli.
Cara yang saya lakukan adalah memberikan informasi jualan yang lengkap, produk foto asli, alamat toko online jelas, kemudian ada testimoni dan cara order serta no rek transfer, dan memberikan respon cepat ketika awal-awal melayani calon pembeli.
Pernah saya perhatikan pada masanya aplikasi bbm ini booming, sering dapat informasi kalau ada orang yang habis tertipu membeli produk dari teman yang ada di kontak bbm, logika saya apakah tidak takut, khawatir setelah beli, uang sudah ditransfer lalu pembeli tersebut di blokir bbmnya oleh si penjul, sudah selesai tidak bisa dilacak penipunya. jadi menurut saya meski ada media sosial dalam belanja toko online ini juga diperhatikan apakah ada websitenya, kalau websitenya profesional berdomain com ini seringkali bereputasi bagus, karena ada akses data untuk melacak ketika melakukan penipuan, dan menggunakan website ini ada biaya, jadi pemilik toko online ini memang bersungguh jualan online dan membangun reputasinya, kalau tidak bisa menjaga reputasi bisa rugi, karena sudah sewa domain dan hostingnya.

4. Jualan online tidak mengetahui target sasaran yang jelas, misalnya jualan perlengkapan PMR masa iya kita promosi secara acak, umum, disembarang tempat media sosial twitter, facebook, instagram, sepertinya akan sia-sia promosi yang sudah kita lakukan, akan melelahkan jika jualan online tidak tahu sasarannya siapa.
Cara yang saya lakukan adalah mengetahui sasarannya, untuk jualan perlengkapan PMR berarti sasarannya anggota PMR disekolah, nah anggota PMR inilah yang menjadi sasaran promosi jualan online saya, hasilnya, dari pengalaman saya responnya baik. tidak membeli hari ini, besok-besoknya pada saat butuh menghubungi untuk beli,  Jadi cara melelahkan jualan online ini adalah promosi tidak tepat sasaran.

Demikian keempat hal yang membuat jualan online jadi melelahkan, tapi tetap saja ada saja yang melakukan, berpikir promosi seluas-luasnya namanya juga usaha hasil belakangan, ya memang benar juga tapi melelahkan, kalau ada cara yang efektif kenapa tidak dilakukan. selanjutnya simak juga Terus Perbaiki Cara Jualan Online berikut cerita pengalaman saya
Advertisement