Kesiapan Orang Tua pada kelahiran bayi sampai usia satu bulan

Kesiapan Orang Tua pada kelahiran bayi sampai usia satu bulan
Kesiapan Orang Tua pada kelahiran bayi sampai usia satu bulan

Setelah sebelumnya pernah membuat postingan 9 Daftar Perlengkapan Bayi Untuk Persiapan Sebelum Melahirkan kali ini sharing berlanjut ke proses sampai bulan pertama dari kelahiran sang bayi, apa yang perlu dipersiapkan atau mental orang tua, bagi kelahiran anak kedua mungkin tidak ada problem karena sudah berpengalaman dikelahiran anak pertama.

Sharing kali ini admin punya tujuan agar orang tua memiliki wawasan pengetahuan kelahiran bayi dibulan pertama ini agar lebih siap, karena sudah membaca sharing pengalaman ini.

Informasi apa saja Kesiapan Orang Tua pada kelahiran bayi sampai usia satu bulan, berikut diantaranya menurut pengalaman pribadi admin.

1. Menyesuaikan Waktu Dede bayi suka aktif dimalam hari
Tiap malam dini hari bisa sampai pagi dede bayi tidak tidur, aktif kalau tidak mendapatkan perhatian di gendong atau di kasih ASI suka rewel, polanya masih kebalikan kalau siang banyak tidurnya malam bergadang.

Bagi orang tua tentunya harus punya mental kesiapan, karena tugasnya bagi sang suami besoknya harus kerja, istri juga bagi yang kerja, kalau Ibu rumah tangga juga harus mengerjakan tugas lainnya mencuci pakaian bayinya misalnya dan kebersihan rumah serta tugas lainnya sehingga membutuhkan waktu dan tenaga.

Yang dilakukan adalah menyesuaikan waktu bergadang bayi, ketika ada kesempatan tidur, tidurlah, sehingga biya mengimbangi waktu bayi minta perhatian.

Yang saya lakukan, awalnya tidur dimalam hari, saya menyesuaikan tidur lebih awal, dengan cara ini ketika dini hari saya terbangun dengan sendirinya, dengan begini saya bisa monitor bayi yang melek pada saat jam ini, kemudian berbagi waktu tugas dengan istri bergantian. siapa yang tidur duluan.

2. Perlengkapan Bayi Yang dibutuhkan
Pada masa bayi usia kelahiran sampai satu bulan ini dari pantauan saya, yang sangat dibutuhkan ada dua yaitu tisu basah dan celana atau pokok, bagi orang tua yang punya kesibukan biar tidak kepikiran mencuci menggunakan popok lebih praktis, kemudian pipisnya tidak melebar kemana-kemana.

Jadi persiapkan anggaran alokasi baru untuk membeli tisu basah dan popok bayi, menurut saya dengan dua jenis barang ini ready stok orang tua akan lebih nyaman. anggaran lumayan besar ada pada popok bayi, sehari bisa empat kali ganti popok, sehingga memang perlu persiapan kebutuhan biaya untuk bayi jauh-jauh hari.

3. Agar Bayi Nyaman 
Bayi menangis sih wajar, tapi jangan banyak menagisnya tentunya, sebagai orang tua harus tahu apa yang membuat bayi nyaman, kita bisa perhatikan penyebab bayi menangis, dari pantauan saya ada penyebab bayi ini nangis yaitu pipis popok basah membuat tidak nyaman, kemudian BAB ini bayi saja suka risih kalau tidak segera dibersihkan suka nangis ngamuk, kemudian minta mimi ASI, dua jam sekali seringkali si bayi minta mimi.

Harapannya dengan bayi nyaman, bayi sehat terhindar dari demam dan penyakit lainnya. untuk itu menjadi tugas orang tua merawat dan menjaga agar dede bayi senyaman mungkin, dan aktif tumbuh kembang dalam kesehariannya.

Demikian 3 catatan tentang Kesiapan Orang Tua pada kelahiran bayi sampai usia satu bulan, mudah-mudahan memberikan wawasan pengetahuan yang bermanfaat bagi pembaca, terima kasih sudah membaca sampai selesai, ikuti sharing pengalaman lainnya dengan submit email anda di samping sidebare blog ini.
Advertisement